Monday, May 23, 2011

Prosedur Dan Peralatan Perbaikan

Kendaraan atau mobil mempunyai umur operasi, terutama pada komponen-komponennya. Kerusakan pada kendaraan umumnya tidak terjadi secara seketika. Sebelumnya, terlihat atau terasa gejala-gejala kerusakannya. Maka, seorang pemilik atau pengemudi kendaraan perlu mengetahui gejala kerusakan dan cara penanganannya, agar dapat melakukan perbaikan sebelum kerusakan terjadi sehingga kendaraan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan, pemilik dapat segera memberikan perbaikan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perbaikan, meskipun untuk kerusakan yang berat perlu diperbaiki oleh seorang ahli atau montir di bengkel.
Untuk dapat melakukan perbaikan, ada empat dasar prosedur perbaikan:

1. Pemeriksaan kendaraan
Seorang pengemudi perlu mengetahui kondisi normal kendaraannya, sehingga jika dirasakan ada ketidakberesan dalam operasi kendaraannya, pengemudi dapat mengetahui apakah terjadi kerusakan atau tidak pada kendaraannya.

2. Identifikasi kerusakan
Setelah diketahui ada bagian yang mengalami kerusakan atau tak bekerja dengan semestinya, perlu dilakukan pengidentifikasian kerusakan yang terjadi. Hal ini dapat dilakukan dengan alat-alat indera dipelajarinya, sehingga pengemudi benar-benar mengerti gejala-gejala kerusakan yang terjadi dan cara memperbaikinya.


Judul Buku
Merawat dan Memperbaiki Mobil Bensin
PengarangIwan Darmawan
Penerbit
Niaga Swadaya

No comments:

Post a Comment